Seri Pengetahuan Umum : Mengapa Tidak Ada Negara dengan Tahun Kemerdekaan di Bawah Tahun 1924?

Sebagai generasi yang lahir di tahun 90-an, kita berada di usia yang masih sangat produktif di tahun-tahun ini, sehingga cukup mengikuti update atau perkembangan media sosial. Emak-emak muda biasanya punya beberapa media sosial, meskipun ga sebanyak anak yang lahir di tahun 2000-an.
Di Indonesia sendiri sekarang, terjadi perang opini. Dan media sosial adalah senjatanya. Pro-kontra terhadap sesuatu tidak bisa dihindarkan. Ada juga yang berusaha netral.
.
Sebenarnya saya biasanya memanfaatkan media sosial untuk menanggapi isu-isu terkini hanya untuk membagi fakta yang sudah disajikan orang lain, yang menurut saya bisa dipertanggungjawabkan ya.
.
Tetapi tekadang hati pun gerah juga untuk ikut nimbrungin komen orang lain, kalo komennya itu ga masuk akal. hehehe.
.
Loh kok jadi ngomongin media sosial? Jauh dong ama judulnya. xixi
Begini maksud yang ingin saya sampaikan, di dalam ber'media sosial', sejatinya kita berkomunikasi atau ada proses komunikasi yang sedang berlangsung, kalo sudah ngomongin proses komunikasi, ada pesan yang disampaikan oleh komunikator.
Pesan yang seperti apa? Bisa bermacam-macam, yang penting itu valid, kalo menurut saya sih.


Capture di atas menurut saya pesannya ga valid? Kenapa? Kamu perlu tahu ini.
.
Di dunia ini tidak ada negara dengan tahun kemerdekaan dibawah tahun 1924.
Indonesia merdeka pada tahun 1945, Malaysia pada tahun 1957, Brunai Darussalam pada tahun 1984, dan lain-lain deh ya.
Kok bisa begitu ya? Apa yang terjadi selama 1924 tahun itu?
.
Sebelum tahun 1924, dunia ini hanya terbagi 2 : Dunia barat dan dunia timur. Dunia barat adalah kekuasaan orang-orang kafir, dan dunia timur adalah kekuasan Daulah Islam yang menguasai 2/3 dunia (Daebak!). Jadi selama 1924 tahun ga ada namanya jajah-menjajah, karena hidup aman dalam kekuasaan dunia timur, termasuk orang kafir. Di dunia timur, orang kafir diperlakukan dengan sangat baik, dibiarkan beribadah dengan bebas dan nyawanya dilindungi layaknya muslim. Nah, hal ini bikin ngiri dan ngeri dunia barat.
.
Setelah pemerintahan Islam terakhir runtuh, penguasa-penguasa barat membagi bekas wilayah kekuasaan timur layaknya potongan kue yang lezat. Kerajaan Kristen Inggris dapet negara ini dan ini, Kerajaan Kristen Belanda, Prancis dapet negara itu dan itu. Buat apa? Buat di jajah.
.
Kenapa? Karena mereka belum berhenti berperang sekalipun dunia timur telah runtuh. Mereka itu intoleransi tingkat tinggi, lebih baik punya wilayah kekuasaan kecil namun senegara sama semua agamanya, sehingga kalau ada yang tidak sama akan diperangi. Belum lagi konflik rebut-rebutan negara jajahan.
Nb : Kristen sediri terbagi 2 ya.
.
Nyatanya peperangan yang terjadi diantara mereka sendiri itu butuh duit, senjata dan SDM, yang bisa di dapat dari wilayah jajahan yang nasibnya mengenaskan. Tidak terkecuali di Indonesia guys. Itulah kenapa saya bilang pesan di atas ga valid.
.
Kita memang perlu tahu dan menghargai setiap pahlawan yang telah berjuang demi negeri kita. Tapi kita juga perlu tahu rentetan sejarahnya dengan benar. Paling tidak bisa menahan kita untuk asal bicara atau bicara tanpa data valid.
Bagi temen shalihah, saya referensikan buku API SEJARAH karya Ahmad Mansyur Suryanegara (yang resensinya akan segera saya tulis. Amiin)
.
Ngomong-ngomong, dunia timur yang saya maksud itu namanya khilafah.
.
Jember, 28 September 17
YHH
.

10 comments:

  1. Harus belajar sejarah nih.
    Ayo nulis resensei bukunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum selesai di baca mbak, maklum emak2 rempong hahaha

      Delete
  2. Jadi inget pelajaran sejarah dijalan aku masih sekolah. Semoga menjadi inspirasi buat masyarakat

    ReplyDelete
  3. Jadi dapat pengetahuan baru nih mampir ke sini :D
    Sejarah tuh asyik kalau ditelusuri yaa mbakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. banyaaakk banget sejarah yang terdistorsi demi kepentingan2 kelompok tertentu, tapi jadi pelajaran wajib di sekolah kita.

      Delete
  4. Memang kita butuh banyak membaca dulu sebelum banyak bicara ya mba.

    ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  5. trus jadi pengen hidup di jaman sebelum 1924 yang aman damai

    ReplyDelete

Feel Free to Voment :)