Road To SPI 312 : Bag 3 Mengubah Anak yang Kecanduan Gadget Menjadi Kecanduan Hafalan Al-Qur'an


Road To SPI 312 : Bag 3
Mengubah Anak yang Kecanduan Gadget Menjadi Kecanduan Hafalan Al-Qur'an
.
Assalamualaykum..
Dear Smart Parent
.
Ayah bunda, apakah anak kesayangan suka ‘terpaku’ dengan gadgetnya? Ini emang ga bisa dihindari ya, jangankan anak kita yang masih kecil, kita saja yang lebih dewasa dan lebih ‘mampu’ dalam berpikir suka lupa waktu kalo sudah pegang gadget. 2 jam terasa seperti 2 menit. Tau-tau waktu terbuang percuma, tau-tau banyak pekerjaan yang ga selesai-selesai. Haha



Memang sih memberikan gadget pada anak itu rasanya seperti ‘solusi’, kesayangan bisa asyik dengan gadgetnya, sementara emak-bapaknya asyik juga dengan dunia dan keribetannya sendiri.
.
Padahal yang kita lakukan itu sebenarnya seperti mendorong sedikit demi sedikit sang buah hati ke tepi jurang. What?? Kok Bisa??
.
Perhatikan ya ayah-bunda, ini beberapa bahaya gadget bagi anak :
1. Kecanduan.
Gadget itu udah kaya narkotika-psikotropika jenis baru. Tanpa pengawasan orang tua, anak bisa jadi gadget-holic. Dan yang namanya kecanduan pasti ga ada bagus-bagusnya, yah kecuali kecanduan mengamalkan ilmu agama yahh 
2. Kesulitan memahami pelajaran.
Itu karena gadget menyajikan hal-hal menarik, dinamis, penuh warna dsb. Ketika seorang anak kembali kepada kehidupan nyata di sekolahnya, terkadang ia merasa bahwa pelajaran sekolah tidak lagi se-menyenangkan gadgetnya.
3. Kemampuan psikomotorik anak berkurang atau tidak berkembang.
Kemampuan psikomotorik didapat dari aktivitas fisik, misal saat anak menggambar, anak juga belajar mengembangkan otak kanannya. Saat bermain bersama temannya, ia akan mengembangkan keterampilan sosialnya, yang mana tidak bisa didapat dari gadget.
4. Radiasi elektromagnetik
Gadget memiliki paparan elektromagnetik yang mempengaruhi tubuh. Sebenarnya hal ini juga tidak bagus untuk orang dewasa, apalagi anak-anak. Bisa mengganggu perkembangan syarafnya. Akibatnya perkembangan kognitif anak berjalan lambat, susah berkonsentrasi dan akibat negatif lainnya.
.
Kini, gadget buat kids jaman now, apalagi tanpa pengawasan orang tua, seperti sebuah penyakit. Tapi kalo penyakit tentu bisa diobati dong. InsyaAllah..
.
Mungkin para ayah-bunda bisa searching solusi mengatasi kecanduan gadget pada anak di internet, atau bertanya pada kawan, atau apapun usahanya deh. Tapi, sebenarnya cara paling efektif adalah mendidik anak berbasis Qur’an dan Sunnah.
.
Bunda, pengen ga anak yang kecanduan gadget itu berubah jadi kecanduan hafalan Al-Qur’an??
.
Sampai jumpa di kelas SPI Fundamental di Jember tanggal 03 Desember 2017 ya..
.
Penulis : Helmiyatul Hidayati

0 comments:

Feel Free to Voment :)