Road To SPI312 : Bag 7 Mengapa Al-Qur’an Menjadi Pedoman Kita, Termasuk dalam Mendidik Anak??

Road To SPI312 : Bag 7
Mengapa Al-Qur’an Menjadi Pedoman Kita, Termasuk dalam Mendidik Anak??
.
Assalamualaikum..
Dear Smart Parents..
.
Zaman Now, internet bisa memberikan hampir segalanya. Mulai dari informasi, ilmu pengetahuan, hingga berbisnis di internet. Termasuk dalam mencari ilmu parenting, yang biasanya dilakukan oleh orang tua yang bertekad memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya.
.
Ada banyak ilmu parenting, dari berbagai keilmuan, diwacanakan – ditulis – diteliti – hingga dipraktekkan oleh ahli-ahli yang gelarnya bermacam-macam dan berderet-deret. Yang paling trend biasanya ilmu parenting berdasarkan rujukan ilmu psikologi. J
.
Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, namun masih belum merupakan yang paling benar. Ilmu parenting itu ibaratnya informasi dan petunjuk arah dalam melakukan sesuatu, kalo mau mendidik anak dengan benar, maka kita harus mengambil ilmu parenting yang benar juga.
.
Ilmu parenting yang benar, harus memiliki dan berasal dari informasi yang benar, bahkan hingga mutlak benar.
.
Allah memberi kita anak karena memiliki tujuan (Baca : Road To SPI312 : Bag 2 Untuk Apa Allah Memberi Kita Anak). Karena ada tujuan itulah, maka tidak mungkin Allah TIDAK memberikan kita petunjuk atau membiarkan kita mencari petunjuk ke sembarang tempat. Petunjuk itu pasti akan datang langsung dari Allah. Dirangkum dalam sebuah buku ilmu pengetahuan terlengkap bernama AL-QUR’AN.


Al-Qur’an berisi informasi-informasi, termasuk bagaimana cara mendidik anak. Namun, meskipun begitu banyak dari kita akan meragukan dulu suatu informasi, apakah informasi itu benar atau tidak, bisa diterapkan atau tidak, valid atau tidak, bisa dipercaya atau tidak, dst. Jangankan hal penting seperti ilmu parenting, soal kabar Raisa akan menikah saja, masih dicari-cari kebenarannya dengan membaca banyak portal sebelum akhirnya percaya.
.
Untuk itu sebelum mengambil suatu informasi, maka wajar bahkan wajib bagi manusia untuk membuktikan bahwa informasi tersebut benar-benar dari Sang Pencipta sehingga kebenarannya terjamin, dan kita tidak akan lagi menjawab seperti orang yang tidak berpikir, dengan mengatakan kata ajaib ‘warisan’. J
.
Al-Qur’an memiliki 1 (satu) hal yang PASTI : yakni, buku itu BERBAHASA ARAB. Maka, ada tiga teori mengenai asal-usul AlQur’an. Pertama, buku itu diciptakan oleh bangsa arab; Kedua, buku itu merupakan karangan seorang laki-laki bernama Muhammad Bin Abdullah Bin Abdul Muthallib; Ketiga, buku itu memang dari Allah SWT, Sang Pencipta.
.
1.       Sangat mungkin memang jika Al-Qur’an dikatakan ciptaan orang-orang arab. Selain karena isinya menggunakan bahasa arab, orang-orang Arab pada masa itu adalah orang-orang yang sangat ahli dalam bidang sastra. Namun, fakta empiris menyebutkan bahwa tidak ada satupun orang Arab yang bisa menjawab tantangan membuat satu ayat selayaknya Al-Qur’an. Kisah ini terekam dalam QS. Hud : 13 dan QS. Yunus : 38. Maka bisa disimpulkan dengan jelas, bahwa tidak ada satupun orang Arab yang membuat dan menciptakan Al-Qur’an.
2.       Al-Qur’an merupakan karangan seorang laki-laki bernama Muhammad Bin Abdullah Bin Abdul Muthallib juga merupakan kemungkinan yang benar. Alasannya karena laki-laki ini adalah orang Arab yang pertama kali menyampaikan Al-Qur’an. Namun, faktanya ternyata Nabi Muhammad adalah seorang yang ‘ummi’ artinya tidak bisa membaca dan menulis. Jadi, sangat nol kemungkinannya Nabi Muhammad SAW yang mengarang Al-Qur’an ini. Gaya bahasa Al-Qur’an juga tidak sama dengan hadits.
3.       Tidak ada manusia yang bisa meniru, maka Al-Qur’an pasti wahyu Allah. Keotentikannya dijamin oleh Allah, isinya pun mutlak benar.
.
Setelah fakta terurai, maka sikap yang diambil adalah mengikuti petunjuk yang pasti benar, yakni yang bersumber dari Al-Qur’an. Pemikiran spekulatif tidak berdasar nilainya bisa benar, bisa pula salah. Tapi bila terdapat sumber yang pasti benar, maka pemikiran spekulatif tentang hakikat hidup di dunia pasti salah adanya.
.
SmartParents.. Sudah siap mendidik anak-anakmu sesuai petunjuk paling benar? Mari belajar bersama di kelas SPI Fundamental di Hotel Dafam Lotus Jember, Minggu – 03 Desember 2017.
.
Jember, 28 Oktober 2017

Helmiyatul Hidayati

0 comments:

Feel Free to Voment :)