Taman Botani Sukorambi; Menghadirkan Keindahan, Menjawab Tantangan dan Mendatangkan Keceriaan.

Taman Botani Sukorambi; Menghadirkan Keindahan, Menjawab Tantangan dan Mendatangkan Keceriaan.
..
Apa yang kita pikirkan kalo mendengar taman botani? Tempat wisata yang penuh dengan tanaman? Bisa jadi. Karena memang yang namanya taman botani itu adalah lahan yang ditanami oleh berbagai jenis tumbuhan dengan tujuan penelitian, konservasi, koleksi atau bisa juga sebagai sarana wisata dan pendidikan.
..
Ternyata di Jember, juga ada taman botani loh! Taman Botani Sukorambi. Bertempat di alamat Jln. Mujahir Sukorambi, taman botani Sukorambi bisa jadi salah satu destinasi wisata akhir pekan dengan keluarga atau sahabat yang asyik.


Tiket masuk juga gak mahal-mahal amat, cukup Rp. 12.000,- atau Rp. 20.000,- di akhir pekan. Di taman botani ini juga ada Villa Botani yang pas banget untuk keluarga yang ingin menikmati keindahan Taman Botani di malam hari. Sagat pas untuk menginap dan fasilitasnya juga ga kalah dengan hotel standart.
..
Bagi kaka shalihah yang ingin berenang juga ga masalah, karena di taman botani, kolam renangnya terpisah untuk akhwat dan ikhwannya. Yippii..!!


Dulu, taman botani Sukorambi terkenal karena bisa Flying Fox. Ya, sekarang juga masih bisa sih. Tapi berbagai fasilitas dan kegiatan yang lain juga bisa kita nikmati di sini.
..
Keasyikan Taman Botani Sukorambi sebagai destinasi wisata di Jember belum selesai nih. Selain untuk wisata, taman ini bisa juga sebagai sarana edukasi, ada lumayan banyak satwa-satwa yang bisa diperkenalkan kepada anak-anak, terutama yang usia TK dan SD.
..
Ga sampai di situ, di Taman Botani Sukorambi juga bisa camping dan outbond loh. Biasanya camping dan outbond suka dilakukan oleh instansi atau perusahaan untuk acara-acara tertentu agar terjalin keakraban antar para karyawan. Nah, taman Botani Sukorambi cocok banget sebagai rekomendasi. Jadi, yang suka camping dan outbond bukan hanya anak Pramuka loh, tapi juga para pekerja untuk melepas lelah dan penatnya. Hehehe


Salah satu cerita seru tentang outbond di Taman Botani Sukorambi adalah basah-basahan di atas kolam ikan. Kebayang kan ‘games’ kita jalan di atas jembatan kayu tidak seberapa besar sambil bergandengan tangan dengan teman atau bergandengan dengan sebatang kayu sambil hati ‘deg-deg ser’ takut jatuh dan dilahap ikan-ikan. Hahaha. Untungnya kolam ikan di Taman Botani Sukorambi tidak ada spesies ikan Piranha yaa.
..
Buat bapak-bapak yang suka mancing, bisa juga ajak ‘gerombolan’nya ke sini. Hasil pancingan bisa dinikmati sendiri. Etapi sepertinya untuk bagian masak tetap butuh emak-emak nih.
..
Sate kelinci termasuk jarang kita temukan. Di taman Botani Sukorambi selain ada wahana kelinci, tempat kita bisa melihat dan mengelus-elus kelinci yang imut-imut, juga bisa makan sate kelinci yang enak banget.
..
Hidroponik mulai jadi trend di Jember akhir-akhir ini. Itu loh budidaya menanam dengan memanfaatkan air GA PAKE tanah. Biasanya tanaman ‘ditanam’ di pipa-pipa yang dilubangi. Di taman Botani Sukorambi ada wisata hidroponik nih. Di sini kita belajar tentang tata cara tanam hidroponik sekaligus bisa menikmati freshnya sayuran di pagi dan sore hari. Sayuran yang biasanya favorit untuk dibudidaya secara hidroponik adalah selada air, yang segar saat dimakan mentah-mentah.


Dan, kalo cape melakukan aktifitas fisik, kita bisa nyantai kaya di pantai di kafe atau resto yang ada di sini. Selain itu ada perpustakaan yang koleksi bukunya kurleb 500. Keluarga yang punya anak-anak dalam masa pertumbuhan wajib nih datang ke sini.
..
Fasilitas lainnya yang bakalan bikin mupeng dan ga tahan untuk kalian mengunjungi taman wisata ini adalah gazebo di tengah rindangnya pepohonan, bisa jadi pilihan yang tepat untuk beristirahat setelah lelah melakukan ‘observasi’.
..
Di taman Botani Sukorambi selain ada panggung terbuka untuk musik, yang biasanya menampilkan pertunjukkan budaya. Juga ada pondok seni, fasilitas yang baru dibangun ini untuk menampung berbagai pementasan seni atau lukis. Juga ada area ‘Barbeque Outdoor’ yang bisa menampung 30-50 orang, bisa bikin party kecil-kecilan di sini, dan semua peralatan bisa disediakan dari Taman Botani-nya loh.
..
Buat yang cape jalan sehabis menjelajah dan explore wisata di sini, bisa menggunakan Golf Cart sebagai solusi. Satu Golf Cart bisa muat 5-7 orang dan cukup membayar Rp. 10.000,-


Wifi, kamar mandi VIP dan kamar mandi khusus Difable juga sudah ada di Taman Botani Sukorambi. Benar-benar lengkap yaa..
..
Kemana-mana ga lengka rasanya kalo pulang ga bawa oleh-oleh. Oleh-oleh khas dari Taman Botani Sukorambi tentu saja berupa tanaman dan buah-buahan, yang bisa dibeli di Horti Hut dengan kisaran harga dari Rp. 20.000,- sampai dengan Rp. 150.000,-
..
Nah, asyik kan? Bagi teman-teman di Jember yang suka tantangan dan ingin merasakan petualangan dan pengalaman seru, bisa langsung meluncur ke Taman Botani Sukorambi ini yaa.
..
Jember, 04 Desember 2017
Ditulis Oleh Helmiyatul Hidayati
Credit foto Oleh Yusuf Briliany
..




2 comments:

Feel Free to Voment :)